Peran Bahasa Inggris Dalam Menghadapi Perkembangan Ekonomi dan Pendidikan di Indonesia

1493350485764
Sebuah Analogi Bodoh?
April 28, 2017
Show all

Peran Bahasa Inggris Dalam Menghadapi Perkembangan Ekonomi dan Pendidikan di Indonesia

1493350476484

Perkembangan dalam era sekarang ini tidak hanya terjadi pada teknologi dan informasi. Perkembangan juga menjarah pada bidang-bidang lainnya, terutama ekonomi dan juga pendidikan. Perkembangan yang dimaksud ini adalah perkembangan terhadap metode atau cara yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan pada bidang-bidang tersebut. Tentu, dalam hal ini tetap ada pengaruh dari adanya teknologi dan informasi. Penggunaan teknologi dan informasi membuat kita bisa dengan mudah mempersiapkan bekal-bekal dalam menghadapi perkembangan-perkembangan tersebut.

Teknologi informasi didalamnya diperlukan adanya sebuah komunikasi. Komunikasi dapat dilakukan melalui beberapa hal salah satunya komunikasi dengan menggunakan bahasa. Secara umum, masyarakat telah mengenal dengan baik bahsa nasional yaitu bahasa Indonesia. Dengan perkembangan zaman tentu orang-orang tidak akan hanya mengikuti perkembangan di dalam negeri, namun juga perkembangan internasional. Di dunia internasional kita bangga memperkenalkan karakteristik Negara kita dengan bahasa Indonesia.

Namun, bahasa Indonesia tidak banyak dikenal dan dimengerti masyarakat luar negeri sehingga saat ini kita mengenal istilah bahasa Internasional yang pada setiap negara pada dasarnya mengenal dan mempelajari bahasa tersebut sebagai bahasa pemersatu Negara satu dengan Negara yang lain. Bahasa pemersatu berarti pemersatu dalam sebuah komunikasi bahkan ikatan kerjasama organisasi dan juga digunakan dalam menyediakan informasi terkait perkembangan dalam berbagai bidang. Bahasa yang dimaksud disini adalah bahasa Inggris

Tentu, dalam menghadapi dunia Internasioanl kita perlu mempersiapkan bekal secara matang agar terjadi persaingan sehat yang berbasis internasional di Negara di seluruh dunia.Dalam pencapaian hal tersebut, masyarakat Indonesia diharapkan mampu menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar, karena dengan pandai dalam berbahasa inggris masyarakat Indonesia mampu berbaur dalam persaingan internasional. Nantinya tidak hanya bangsa Eropa saja yang mampu menguasai internasional, namun diharapkan Indonesia juga mampu untuk membawa kemajuan negaranya dalam kancah internsional.

Pembelajaran bahasa inggris dalam dunia pendidikan ternyata tidak berjalan seperti yang diharapkan. Bahasa inggris tidak semudah yang dibayangkan dalam mempelajarinya. Misalnya banyak yang tidak mengerti mengapa bahsa inggris rumit dalam mempelajarinya karena memuat teori-teori dan rumus-rumus yang di setiap materi hampir sama, sehingga membuat pelajar enggan dalam mempelajarinya lebih dalam.

Mereka yang kesulitan mempelajari pasti bertanya-tanya mengapa bahsa inggris dipelajari secara mendalam padahal itu hanya digunakan sebagai sarana komunikasi dengan dunia luar nantinya. Apalagi ditambah dengan adanya carut marut kurikulum pendidikan di Indonesia yang berubah-ubah seiring dengan pergantian Menteri Pendidikan.

Jelas, bahwa pemerintah menginginkan generasi penerusnya mampu menghadapi persaingan dalam dunia internasional, namun system pendidikan di Indonesia yang menyulitkan generasi muda mematahkan ambisi pada diri mereka, sehingga tidak berjalan dengan baik. Padahal, perkembangan di era sekarang semakin berlari mengejar kita, jika kita tidak bersiap menghadapi hal tersebut maka bukan kemajuan yang kita dapatkan, melainkan sebuah penajajahan dari Negara lain. Oleh karena itu kita harus membiasakan dengan bahasa inggris dan mendalaminya sebagai bekal untuk menyongsong pembangunan nasional khususnya ekonomi dan pendidikan yang bertaraf internasional.

Adanya berbagai hal tersebut tentu bukan hanya pemerintah yang mampu membangkitkan semangat belajar bahasa inggris. Kesadaran diri kita sebagai generasi muda yang tentunya diharapkan Negara untuk membangun sebuah bangsa yang mengalami perkembangan terutama dibidang ekonomi dan pendidikan. Masyarakat Indonesia harus maju dalam menghadapi MEA, ekonomi di Asean ini menjadi awal mula perkembangan ekonomi Indonesia. Pemanfaatan bahasa inggris tentu akan sangat berguna, sehingga bukan hanya masyarakat luar negeri saja yang bisa keluar masuk Negara kita, tetapi kita juga mampu keluar dari negeri untuk memperkenalkan hasil produksi atas nama Indonesia.

Disini tentunya kita tahu apa sebenarnya pentingnya berbahasa inggris, karena bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Dalam mempelajari dan mendalami bahasa inggris bukan berarti kita menghilangkan bahasa Negara sendiri, namun tetap ada batasan-batasan dan aturan kita dalam memakai bahasa-bahasa tersebut. Pendidikan di Indonesia menerapkan mata pelajaran pokok bahasa inggris yang tentu akan menjadi bekal untuk generasi muda. Apabila system pendidikan di sekolah terlalu rumit, maka berusaha mencari alternative lain untuk belajar bahasa inggris. Sekarang ini banyak dijumpai bimbingan-bimbingan belajar khusus bahasa inggris. Jika tidak ingin mengeluarkan biaya yang cukup banyak, maka kita bisa autodidak yaitu belajar sendiri dengan materi-materi yang bisa di cari melalui teknologi informasi yang semakin canggih.

Peran bahasa inggris dalam menghadapi perkembangan ekonomi dan pendidikan di Indonesia sangatlah penting. Dengan perkembangan yang semakin pesat kita secara sadar harus mempersiapkan bekal-bekal dalam menghadapinya. Berkemampuan bahasa inggris merupakan salah satu bekal yang utama karena berkemampuan bahasa inggris berarti secara konteks persaingan global ia memiliki kualitas sumber daya manusia yang tinggi. Sumber daya manusia yang tinggi akan mendorong kemajuan nasional, baik di bidang ekonomi maupun pendidikan. Kita sebagai masyarakat local yang berkemampuan bahasa inggris akan menjadi masyarakat internasional yang unggul. Mempelajari bahasa inggris bukan berarti menghilangkan bahasa nasional. Tetapi mempelajari bahasa internasional untuk membawa kemajuan berupa pembangunan nasional

bem
bem